PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI 248 GARECCING

Kembali lagi saya akan bercerita tentang kehidupan emank yang bisa menjadi motivasi buat sahabat blog. Kali ini saya akan bercerita tentang pendidikan dasar emank disuatu sekolah dasar di Kec. Tonra Kab. Bone. Disini saya berikan judul “Part 5 Pendidikan Sekolah Dasar”. Okey sahabat blog simak dan jadikan motivasi diri sahabat. Itu sih kalo bermanfaat yah sahabat….

Part 5 "PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR"
Awal masuk pendidikan dasar pada tahun 1998 dan mengeluguti dunia pendidikan mulai dari tidak tau menjadi tau seperti belajar angka dan huruf. Pendidikan dasar yang sangat penting itu emank belajar dan belajar sampai betul-betul paham dengan semua itu. Pada catur wulan pertama emank mulai di ajarkan mengenal gambar-gambar dan malah diajarkan cara menggambar juga sampai emank tau betul semua itu. Awalnya emank tidak tau sama sekali dengan itu semua sampai sedikit bisa membaca huruf dan blajar menghitung. 
Pada waktu itu wali kelas emank di kelas 1 bernama Bu Ros, beliau betul-betul mengajar emank dengan baik. Emank juga diajarkan etika dan moral pada dunia pendidikan dasar untuk mengetahui ilmu islam oleh guru pendidikan agama. Ilmu islam di perkenalkan dengan baik sampai emank tau dan sedikit paham. Lebih awal dulu emank di ajarkan huruf-huruf arab oleh guru agama pada saat itu. Di awal caturwulan emank diajarkan dasar-dasar yang paling inti untuk mengetahui bagaimana nanti membaca keberadaan dunia dengan huruf-huruf yang diajarkan.
Waktu empat bulan untuk menempuh pendidikan sekolah dasar di caturwulan 1 bersama teman-teman. Bu guru sangat bersemangat untuk membimbing dan mengajar kami “Terima Kasih Bu guru”. Teman-teman emank ada beberapa, tapi sayang emank lupa namanya. Di semester pertama ini Alhamdulillah emank dapat perngkat 7 diantara 13 siswa, yah masih awal mengetahui pendidikan kodong emank apalagi emank ngga pernah masuk di Taman kanak-kanak. Dengan peringkat yang lumayan rendah, emank terus belajar dan belajar apalagi keluarga di rumah selalu mengajari emank. Emank selalu memang juga dia ajar dirumah oleh kak Lina anak dari tante hare. Selesai caturwulan 1 pasti catur wulan 2 lagi, tapi sebelum itu emank mau bilang kalau sebelum libur catuwulan 1 emank bersama teman-teman kelas pergi berenang bareng disungai seruh banget bareng teman-teman. Libur sekolah sudah tiba dan emank pun bersama teman-temannya menikmati itu semua selama 2 minggu. Emank menikmati liburnya di kampung saja membantu om kerja empang pada waktu itu sampai musim sekolah tiba. Emank sering kali di ajari kelola empang baik itu di kasih pematan mau pun di pupuk dan banyak hal yang emank lakukan bersama om Pataning.
Musim sekolah telah tiba lagi di caturwulan 2. Emank dan teman-teman mulai bersiap berangkat kesekolah untuk menempuh pendidikan. Di pagi hari emank mulai melakukan persiapan untuk siap-siap berangkat sekolah, emank di pagi itu pergi mandi di sebuah sumur yang lumayan jauh sih sambil ambil air untuk dibawa kerumah karena disekitar ruma. Di pagi hari emank mulai melakukan persiapan untuk siap-siap berangkat sekolah, emank di pagi itu pergi mandi di sebuah sumur yang lumayan jauh sih sambil ambil air untuk dibawa kerumah karena disekitar rumah Cuma ada air garam, tapi terkadang emank pergi mandi di sungai. Go to School. Emank berangkat sekolah bersama teman-temannya yang ada juga di kampung itu sangat pagi sekali karena jarak dari rumah ke sekolah sangat jauh butuh waktu hampir satu jam. Setelah tiba di sekolah emank menerima pelajaran dari guru lagi seperti biasanya. Terkadang emank terlambat masuk sekolah dikarenakan banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan seperti kasih keluar Sapi dari kandangnya, kasih makanan ayam, kasih keluar kambing dan bantu-bantu keluarga yang lain. Lanjut cerita. Di sekolah emank termasuk orang yang suka bergaul dengan teman-temannya yang lain, setiap jam istrahat emank sering bermain bola bersama mereka. Hampir setiap jam istrahat di luangkan waktunya untuk bermain bersama teman-temannya. Pada waktu itu emank termasuk orang  nakal karena setiap ada masalah sama teman-teman selalu bertengkar juga bahkan emank selalu bertengkar juga dengan kakak kelasnya. Heheheheh. Di caturwulan 2 ini pelajaran emank lebih meningkat lagi, emank di ajar bagaimana cara membaca huruf lontara.
Pelajaran yang semakin meningkat emank terus giat mempelajari semua yang di berikan oleh guru emank. Caturwulan 2 tingkatan pendidikan yah lumayan susah lagi karena di ajarkan lagi cara menghitung dan berbagai pelajaran tambahan. Kegiatan pembelajaran yang ada di sekolah dasar sangatlah penting dalam dunia masa depan. Musim pembelahjaran sering kali di akhiri dalam setiap pergantian caturwulan harus ada ujian untuk mengukur sampai dimana kemampuan murid mengetahui sesuatu. Kali ini di akhir catur wulan emank mendapat peringkat 6, sedikit naik dari caturwulan pertama.
Proses pendidikan hampir sama di setiap pergantian catuwulan hanya saja tingkatan mata pelajaranya berbeda. Dicaturwulan 3 level pemberian mata pelajaran sedikit meningkat lagi, emank sudah di ajar membaca kata-kata bahkan tingkat perhitungan ditingkatkan dan banyak sekali mata pelajaran yang ditingkatkan. Alhamdulillah di caturwulan 3 ini emank mendapat peringkat 5. Akhirnya emank naik kelas 2 di sekolah dasar negeri. Dikelas 2 metode pembelajran berubah dari caturwulan menjadi semester, maka di kelas 2 sampai ada lagi perubahan emank meggunakan kata Semester.
Dikelas 2 emank sudah sedikit bisa membaca meski masih sedikit terbata-bata. Semakin naik level semakin naik tingkatan yang musti di pelajari.. Emank pun terus belajar dan belajar sampai bisa seperti teman-teman yang lain, tapi di Semester 1 di kelas 2 ini emank sedikit menurun lagi karena peringkat yang didapatkan itu peringkat 6. Tiada kata henti untuk belajar dan akhirnya di caturwulan 2 di kelas 2 emank mendapatkan peringkat 3 diantara beberapa teman-teman.

Di sekolah emank termasuk murid yang paling dekat dengan guru sehingga banyak yang suka dengan karakter emank. Tidak terasa yah panjang lebar emank menulis akhirnya sampai di kelas 2 emank menulis, lanjut yah.

Sahabat blog ikut terus yah ceritanya. Ini Baru sampai kelas 2 yah sahabat, nanti saya lanjut di kelas 3-6. jangan di ketawai alurnya n kata2nya yang ngga beraturan yah sahabat. begitulah adanya.